Pencegahan untuk TB resistant obat

Pencegahan untuk TB resistant obat

Apakah Tuberkulosis itu?
Tuberkulosis yaitu penyakit pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Microbacterium Tuberkulosa. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara disiplin minum obat dan menuntaskan program pengobatan sesuai petunjuk petugas kesehatan. 

Terbentuknya TB resistant obat
Seiring berjalannya waktu, banyak penderita TBC kurang dispilin meminum obantya. Alasannya banyak penderita yang merasa sudah lebih sehat dan tidak mau tersiksa oleh jadwal minum obat yang dilakukan setiap hari tersebut. Akibatnya, banyak penderita yang menghentikan meminum obatnya meski jadwal untuk meminum obatnya belum tuntas.

Akhirnya, banyak penderita TBC terkena penyakit TB resistant obat atau TB multi drug resistant (MDR). TB resistant obat yaitu TB yang disebabkan oleh kuman mycrobacterium tuberclosis yang telah mengalami kekebalan terhadap obat anti tuberculosis (OAT). 

Pada tahun 2012, WHO telah menetapkan Indonesia sebagai negara dengan beban TB MDR terbanyak di dunia pada peringkat ke-9 dari 27 negara.

Cara penularan TB

Pencegahan untuk TB resistant obat


Penularan penyakit yaitu bisa dari bersin, batuk, yang kemudian air ludah yang dikeluarkan dari batuk atau bersin tersebut menguap dan bakteri tersebut bebas kesana-sini yang akhirnya dapat terhirup ke pernafasan orang lain dan menyebabkan penyakit TB tersebut. Dari gambar tersebut, penyebaran penyakit ini sampai ke otak, saluran kemih, pencernaan, kulit, dan limfa.
Pengobatan dan pencegahan TB resistant obat
Meski tergolong penyakit yang mematikan, TB resistant obat dapat disembuhkan. Hanya saja untuk menyembuhkan Tb resistant obat dibutuhkan waktu yang lebih lama berkisar 18-24 bulan dengan paduan obat yang harganya jauh lebih mahal serta penanganan yang lebih sulit. Disamping itu, paduan obat TB resistant obat ini jumlahnya lebih banyak dengan efek samping yang lebih berat.

Selain itu, pencegahan untuk TB resistant obat ini tidaklah terlalu sulit, yaitu dengan cara :
  • Mendiagnosis setiap dini yang mungkin gejala itu terduga adalah gejala TB resistant obat
  • Untuk mencegah terjadinya penularan, dibutuhkan pengendalian infeksi yang tepat dan dilakukan di setiap fanyankes/puskesmas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terkena penyakit TB resistant obat
Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai informasi tentang penegahan TB resistant obat dan semoga apa yang saya informasikan bermanfaat untuk anda semua. Amin.

Referensi :
  • http://www.tbindonesia.or.id/tb-mdr/
  • http://poskotanews.com/2013/08/11/disiplin-kunci-penanganan-penyakit-tb/

Comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik. Jika berkomentar, gunakanlah kata yang baik dan tidak mengandung kata kotor, dan terima kasih telah berkomentar

Popular posts from this blog

Lukisan Menakjubkan Leonardo Da Vinci tentang Anatomi Manusia

Sakit Kepala? Daripada Minum Obat Lebih Baik Konsumsi Bayam dan Kentang

Midomi : Website pencari lagu dengan bersenandung atau menyanyikan lagunya